Senin, 03 November 2014

IC 7448

IC 7448


Penjelasan
Kerja dari rangkaian ini adalah untuk menampilkan angka desimal ke dalam sebuah display. Dalam aplikasi decoder, ketiga jalur kontrol (LT, RBI dan RBO) harus diberikan logika HIGH dengan tujuan data input BCD dapat masuk dan penampil 7-segment dapat menerima data tampilan sesuai data BCD yang diberikan pada jalur input.

·         Jalur input data BCD, pin input ini terdiri dari 4 line input yang mewakili 4 bit data BCD dengan sebutan jalur input A, B, C dan D.
·         Jalur output 7-segment, pin output ini berfungsi untuk mendistribusikan data pengkodean ke penampil 7-segment. Pin output decoder BCD ke 7-segment ini ada 7 pin yang masing-masing diberi nama a, b, c, d, e, f dan g.
·         Jalur LT (Lamp Test) yang berfungsi untuk menyalakan semua Led pada penampil 7-segment, jalur LT akan aktif pada saat diberikan logika LOW pada jalur LT tersebut.
·         Jalur RBI (Riple Blanking Input) yang berfungsi untuk menahan sinyal input (disable input), jalur RBI akan aktif bila diberikan logika LOW. 

(Gambar Logic Diagram IC 7448)


(True Table IC 7448)


(Gambar Skema Rangkaian BCD TO 7-SEGMENT DECODER)

(Gambar Layout PCB BCD TO 7-SEGMENT DECODER)

(Gambar Tata Letak BCD TO 7-SEGMENT DECODER)


Alat dan Bahan

            -ALAT :
v  SOLDER
v  PENYEDOT TIMAH
v  TIMAH
v  TANG
v  AVO METER
v  POWER SUPPLY

-BAHAN :
v  IC 7448
v  RESISTOR 220R (7 Buah)
v  SEVEN SEGMEN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar